Muhammad
Selamat datang di Blog saya, semoga blog saya bisa memberikan manfaat buat teman - teman semua
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Cara Setting AMD Radeon Untuk Bermain Game Makin Mantul

Cara Setting AMD Radeon Untuk Bermain Game Makin Mantul

Cara Setting AMD Radeon Untuk Bermain Game Makin Mantul – Pengaturan AMD Radeon memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kualitas gambar dan tingkat detail dalam game. Karena kualitas visual yang lebih tinggi dapat memengaruhi kinerja, mencapai pengalaman bermain game yang optimal membutuhkan keseimbangan antara kualitas dan kinerja visual. Untuk sebagian besar pengguna, pengaturan driver default menawarkan perpaduan terbaik antara kualitas dan kinerja visual, diukur dalam bingkai per detik (FPS).

Artikel kali ini menjelaskan Cara Setting AMD Radeon Untuk Bermain Game Makin Mantul yang tersedia dalam Pengaturan Radeon, yang dapat dikonfigurasi untuk menyesuaikan kualitas dan kinerja. Opsi-opsi ini termasuk:

  • Accessing Radeon Settings Gaming Options
  • Anti-Aliasing Method
  • Anti-Aliasing Mode
  • Morphological Filtering
  • Anisotropic Filtering
  • Texture Filtering Quality
  • Surface Format Optimization
  • Shader Cache
  • Tessellation Mode
  • Wait for Vertical Refresh
  • OpenGL Triple Buffering
  • Frame Rate Target Control
  • Creating Application Profiles

Mengakses Opsi Permainan Pengaturan Radeon

Untuk mengakses opsi ini, buka Pengaturan AMD Radeon dengan mengklik kanan pada desktop Anda dan pilih Pengaturan AMD Radeon.

Selanjutnya klik pada tombol Gaming, seperti pada contoh gambar di bawah ini.

Selanjutnya klik pada Global Setting, seperti pada contoh gambar di bawah ini ya.

Catatan penting! Setiap perubahan yang dibuat dalam pengaturan global akan berlaku untuk semua aplikasi 3D saat peluncuran. Jika Anda ingin membuat pengaturan khusus untuk aplikasi 3D tertentu, Anda dapat membuat profil aplikasi individual. Ini dijelaskan di bagian Membuat Profil Aplikasi pada artikel ini.

Metode Anti-Aliasing

Anti-Aliasing (AA) meningkatkan kualitas gambar dengan mengurangi tepi bergerigi dari tekstur. Menerapkan AA dapat membuat gambar terlihat lebih halus dan lebih lembut, dengan konsekuensi mengorbankan FPS yang lebih rendah. Pada contoh di bawah ini, gambar di sebelah kiri memiliki AA yang diterapkan. Gambar di sebelah kanan tidak memiliki AA yang diterapkan dan memiliki tepi yang lebih bergerigi.

Pengaturan Radeon menawarkan tiga jenis AA dan masing-masing memiliki karakteristik dan hasil kinerja yang berbeda.

Memilih Mode Anti-Aliasing memungkinkan tiga opsi:

  1. Multisampling Anti-Aliasing (MSAA): MSAA meningkatkan kualitas gambar dengan mengurangi aliasing di tepi tekstur, namun tidak dapat menghapus aliasing pada tekstur transparan seperti pagar.
  2. Adaptive Anti-Aliasing (AAA): AAA meningkatkan kualitas gambar dengan mengurangi aliasing di tepi tekstur dan dari tekstur transparan.
  3. Sparse Grid Supersampling Anti-Aliasing (SSAA): SSAA meningkatkan kualitas gambar dengan mengambil lebih banyak sampel daripada MSAA dan AAA, mengurangi aliasing dari semua tekstur. SSAA memiliki dampak tertinggi pada FPS dari semua pengaturan AA dalam Pengaturan Radeon.

Mode Anti-Aliasing

Mode Anti-Aliasing menentukan apakah AA dikendalikan melalui aplikasi 3D atau Pengaturan Radeon.

Memilih Mode Anti-Aliasing memungkinkan tiga opsi:

  1. Use Application Settings – Menyediakan aplikasi 3D dengan kontrol penuh terhadap level AA yang diterapkan. Kualitas gambar dikendalikan melalui pengaturan grafis aplikasi 3D.
  2. Enhance Application Settings – Menawarkan fleksibilitas untuk meningkatkan AA yang ada yang digunakan dalam aplikasi 3D, dengan meminta driver menerapkan umpan kedua AA.
  3. Override Application Settings – Memungkinkan Pengaturan Radeon kontrol penuh terhadap level AA yang diterapkan pada aplikasi 3D.

Memilih Override Application Settings memungkinkan berbagai level AA diterapkan ke aplikasi 3D.

Level Anti-Aliasing dapat diatur ke x2, x4, atau x8 dan angka yang lebih tinggi akan meningkatkan kualitas gambar dengan mengorbankan FPS yang lebih rendah.

Morphological Filtering

Morphological Filtering adalah teknik setelah proses Anti-Aliasing berbasis Shader yang dapat digunakan dalam kombinasi dengan tiga mode AA yang disebutkan di atas.

Morphological Filtering dapat memiliki dampak yang lebih rendah pada FPS daripada mode AA lainnya yang tersedia dalam Pengaturan Radeon, namun dalam beberapa situasi mungkin memberikan kekaburan yang halus pada gambar.

Pada contoh di bawah ini, gambar di sebelah kiri telah menerapkan Morphological Filtering. Gambar di sebelah kanan tidak memiliki Morphological Filtering yang diterapkan dan memiliki tepi yang lebih bergerigi.

Morphological Filtering dapat diterapkan menggunakan Pengaturan Override atau Enhance Application dan mengharuskan aplikasi berjalan dalam mode layar penuh eksklusif.

Morphological Filtering dapat diatur ke On atau Off.

Anisotropic Filtering

Anisotropic Filtering dapat meningkatkan dan mempertajam kualitas tekstur pada permukaan yang tampak jauh atau pada sudut yang aneh, seperti permukaan jalan atau pohon. Anisotropic Filtering memiliki dampak kinerja kecil (FPS) dan dapat meningkatkan kualitas gambar di sebagian besar aplikasi 3D.

Dalam contoh di bawah ini, gambar di sebelah kiri telah menerapkan Anisotropic Filtering, meningkatkan jumlah tekstur pada pohon. Gambar di sebelah kanan tidak memiliki Anisotropic Filtering yang diterapkan.

Penyaringan Anisotropik dapat diterapkan menggunakan Override Application Settings.

Level Penyaringan Anisotropik dapat diatur ke x2, x4, x8 atau 16x dan seharusnya kualitas gambar meningkat dengan mengorbankan FPS yang lebih rendah.

Texture Filtering Quality

Texture Filtering Quality mengubah kualitas tekstur saat menjalankan aplikasi 3D. Texture Filtering Quality memiliki dampak kecil pada kinerja dan kualitas gambar, yang menjadikan pengaturan standar sebagai opsi yang disukai untuk pengalaman gaming yang optimal.

Surface Format Optimization

Surface Format Optimization memungkinkan driver grafis untuk mengubah format permukaan rendering yang berlaku, yang dapat mengakibatkan peningkatan kinerja dan penggunaan memori video yang lebih rendah. Disarankan untuk membiarkan opsi ini diaktifkan untuk pengalaman bermain game yang optimal.

Shader Cache

Shader Cache memungkinkan waktu pemuatan game yang lebih cepat dan mengurangi penggunaan CPU dengan mengkompilasi dan menyimpan game shader yang sering digunakan, daripada membuat ulang setiap kali dibutuhkan.

Shader Cache pengaturan bawaan yaitu AMD optimized dan dapat dinonaktifkan secara global dengan menonaktifkan fitur ini.

Tessellation Mode

Tessellation Mode meningkatkan detail objek dengan menyesuaikan jumlah poligon yang digunakan untuk rendering. Membatasi level Tessellation dapat memberikan FPS yang lebih tinggi dalam game yang menggunakan level tessellation tinggi. Pada contoh di bawah ini, gambar di sebelah kiri memiliki Tessellation x64 diterapkan, meningkatkan detail batu bata. Gambar di sebelah kanan tidak memiliki Tessellation diterapkan dan kurang detail.

Mode Tessellation dapat diterapkan menggunakan Override Application Settings.

Mode Tessellation dapat diterapkan menggunakan Override Application Settings.

Level Tessellation Maksimum dapat diatur ke x2, x4, x6, x8, x16, x32 atau x64 dan seharusnya meningkatkan kualitas gambar dengan mengorbankan FPS yang lebih rendah.

Wait for Vertical Refresh

Refresh Vertikal atau VSync, menyinkronkan aplikasi dengan laju bingkai monitor dengan tujuan menghilangkan sobekan layar.

Catatan! Wait for Vertical Refresh hanya berfungsi aplikasi OpenGL 3D. Saat menggunakan API lain seperti DirectX atau Vulkan, VSync dikendalikan melalui pengaturan grafik aplikasi 3D.

Tunggu Refresh Vertikal dapat diatur ke:

  • Selalu Mati (Always Off)
  • Mati, Kecuali Aplikasi Menentukan (Off, Unless Application Specifies)
  • Aktif, Kecuali Aplikasi Menentukan (On, Unless Application Specifies)
  • Selalu Aktif (Always On)

OpenGL Triple Buffering

Ketika digunakan bersama dengan Wait for Vertical Refresh, OpenGL Triple Buffering dapat memberikan frame rate yang lebih tinggi daripada dengan buffering ganda bawaan.

Catatan! OpenGL Triple Buffering membutuhkan Wait for Vertical Refresh diatur ke Selalu Aktif dan hanya berlaku untuk aplikasi OpenGL 3D.


OpenGL Triple Buffering dapat diatur ke On atau Off

Frame Rate Target Control

Frame Rate Target Control (FRTC) memungkinkan pengguna untuk menetapkan target frame rate maksimum saat menjalankan aplikasi 3D dalam mode layar penuh, manfaatnya adalah bahwa FRTC dapat mengurangi konsumsi daya GPU (bagus untuk game yang berjalan pada kecepatan bingkai yang jauh lebih tinggi dari pada penyegaran tampilan) dan oleh karena itu mengurangi panas dan kecepatan kipas / kebisingan kipas pada kartu grafis.

FRTC sangat berguna ketika merender sebagian besar konten statis pada perangkat keras yang kuat, di mana frame rate sering dapat berjalan dengan sia-sia ke ratusan fps pada menu game atau splash screen. Jika Anda memiliki sistem AMD FreeSync yang kompatibel, FRTC dapat memastikan bahwa Anda tidak melebihi rentang tampilan FreeSync maksimum, sehingga menghasilkan pengalaman bermain game yang mulus dan optimal.

Catatan! Perubahan pada target Frame rate harus dilakukan di luar game, misalnya Keluar dari game sepenuhnya, buat perubahan Anda, dan kemudian mulai game lagi.

FRTC dapat diatur ke nilai antara 30 dan 200 FPS dan berfungsi dengan aplikasi 3D DirectX 9, 10 dan 11. Klik di sini untuk memeriksa apakah kartu grafis Anda kompatibel dengan FRTC.

Membuat Profil Aplikasi

Bagian berikut ini saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat profil aplikasi yang menawarkan pengaturan grafis lanjutan berdasarkan aplikasi. Untuk menambahkan aplikasi ke Pengaturan Radeon dalam bagian Gaming, klik Add> Browse

Temukan dan pilih aplikasi untuk ditambahkan ke Pengaturan Radeon dan klik Buka (Open).

Aplikasi sekarang akan muncul di bagian Gaming dari Pengaturan Radeon

Itulah tadi penjabaran tentang bagaimana settingan AMD Radeon untuk mengoptimalkan Game atau Aplikasi anda, semoga bermanfaat ya.

You may also like...

Bagikan Tanggapan Anda di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: