Isi Bahan Bakar Baiknya Pagi dan Malam Hari Kenapa ? Ini Teorinya..

Isi Bahan Bakar Baiknya Pagi dan Malam Hari Kenapa ? Ini Teorinya- Yuk kita belajar tentang volume dan berat bahan bakar hubungannya dengan konsumsi bahan bakar.
Volume adalah ukuran suatu benda (padat, cair atau gas) yg dinyatakan dengan satuan cm3 (cc) dan turunannya atau liter dan turunannya.

Sedangkan berat, adalah “bobot” benda yang dihitung dari perkalian massa benda x gaya grafitasi (m x g).
Nah, hubungan dengan konsumsi bahan bakar yg biasa diukur dengam satuan km/lt apa?
Jadi begini, untuk menghasilkan pembakaran yang nantinya berguna untuk menggerakkan mesin ada 3 unsur yg harus ada, yaitu bahan bakar + oksigen (sekitar 21% di udara, api & kompresi.

Kita focus di bahan bakar dulu ya!
Untuk menghasilkan energi bakar yg besar, tentunya kita butuh bahan bakar yg banyak (volume) dan angka oktan yg tinggi (RON / Research Octane Number). Makanya, antara tenaga besar dan konsumsi bahan bakar itu akan berbanding lurus.
Terus, hubungannya antara volume bahan bakar dan pengaruh suhu, seperti di gambar apa?
Ketika kita memasukkan bahan bakar ke tangki saat udara panas, volume bahan bakar akan mengembang, sehingga untuk mendapatkan bobot yg sama (16.5 kg), diperlukan volume bahan bakar yang lebih banyak dari pada saat udara dingin.

Ketika suhu udara sudah normal kembali, misalnya saat riding cenderung akan lebih dingin, maka bahan bakar yang mengembang tadi akan menyusut, sehingga volumenya pun akan berkurang. Kalau volumenya berkurang, mengakibatkan jarak tempuh yang dilalui akan lebih pendek. Ujung-ujungnya pemakaian bahan bakarnya kita bilang jadi boros.

Jadi, sebaiknya kalau kita isi bahan bakar dilakukan saat suhu udara relatif dingin, misalnya pagi hari. Demikianlah sedikit ulasan dari admin tentang Isi Bahan Bakar Baiknya Pagi dan Malam Hari, semoga bermanfaat ya.

2 Replies to “Isi Bahan Bakar Baiknya Pagi dan Malam Hari Kenapa ? Ini Teorinya..”

Bagikan Tanggapan Anda di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.