Menu Tutup

Tips : Kapan Seharusnya Busi Diganti ? Jangan Nunggu Jebol

Tips : Kapan Seharusnya Busi Diganti ? Jangan Nunggu Jebol

Tips : Kapan Seharusnya Busi Diganti ? Jangan Nunggu Jebol – Mesin merupakan bagian utama pada sebuah kendaraan. Bagian yang terdiri dari beberapa komponen yang bekerja berkesinambungan satu sama lain agar kendaraan bisa jalan. Tidak hanya sekedar bisa jalan, kita harus memastikan mesin bisa bekerja dengan optimal dan jos gandoss.. Dulu sampai sekarang rasanya tidak ada yang berubah bahwa mesin itu ada tiga sistem utama yang menjadi kunci mesin bisa bekerja optimal.

Tiga sistem yang dimaksud adalah Bahan Bakar yang baik, Pengapian yang baik dan Kompresi yang baik. Cakap – cakap mengenai Pengapian, kali ini admin akan membahas kapan waktu yang sebenarnya busi harus diganti. Busi merupakan bagian terpenting dari rangkaian sistem pengapian, kompenen tersebut ujung tombak meletiknya bunga api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar.

Tips : Kapan Seharusnya Busi Diganti ? Jangan Nunggu Jebol

Baca Juga :

Tidak perlu membayangkan karena tentunya kita bisa merasakan apa akibat jika Busi mati atau setengah mati. Dari mulai mesin tersendat – sendat, keluar asap hitam disertai power turun, dan sampai mesin mogok. Tanda busi masih bekerja baik adalah dari bentuk percikan apinya, yang bagus berwarna biru dan fokus. Sobat bisa melakukan pengecekan rutin setiap 3000 km atau 3 bulan sekali, biasanya sudah pasti dilakukan pengecekan saat sobat servis motor.

percikan api busi
percikan api busi

Perawatan Busi

Untuk mengembalikan kondisi performa busi, kita bisa melakukan pembersihan dari kerak dan kotoran yang menempel di sekitar ground electroda dan centre electroda. Selain bagian electroda ada baiknya bersihkan juga bagian volume gas dengan sikat kawat atau cairan pembersih khusus. Setelah dibersihkan jangan lupa dilakukan penyetelan celah antara ground electroda dengan centre electroda, umumnya celahnya 0.6 mm – 0.8 mm kondisi bisa berbeda tergantung model kendaraannya.

bagian busi
bagian busi

Namun kita sebaiknya jangan terlena dengan hanya membersihkannya, karena ternyata sekalipun busi rajin dibersihkan kita lupa memperhitungkan bahwa busi juga menerima Tekanan Besar dari pembakaran dan Panas yang tinggi dari pembakaran. Jika kotoran dan kerak bisa dibersihkan, maka beda kasusnya dengan panas dan tekanan. Ternyata pabrikan sepeda motor lewat buku petunjuk servis memberikan rekomendasi bahwa Busi sebaiknya diganti setiap 6000 km – 9000 km dan kelipatannya.

Last, sekarang kita ada di era JAMAN NOW yang seharusnya bisa meninggalkan kebiasaan buruk JAMAN OLD dimana kata orang tua saya dulu GANTI BUSI kalo udah mati aja.. hahahahahaha

2 Comments

  1. Pingback: Tips Dongkrak Tenaga Mesin Injeksi ? Berikut Cara dan Alatnya - OTOCLASH

Bagikan Tanggapan Anda di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: