Menu Tutup

Kabel Speedometer Putus Pada Motor Injeksi, ini Yang Akan Terjadi

Kabel Speedometer Putus Pada Motor Injeksi, ini Yang Akan Terjadi

Kabel Speedometer Putus Pada Motor Injeksi, ini Yang Akan Terjadi

Kabel Speedometer Putus Pada Motor Injeksi, ini Yang Akan Terjadi- Pernahkan dari sobat semua mengalami Sepeda Motor Injeksi kalian menyala indikator FI di speedometernya, saya rasa semua pernah. Baik itu sebuah problem ringan maupun sampai besar, pasti kita akan berfikir “Aduuuhhh.. ada apa dengan sepeda motor injeksiku”. Seperti kita tahu sepeda motor sekarang yang menggunakan sistem Injeksi dilengkapi sebuah lampu peringatan yang letaknya ada di speedometer, dimana lampu tersebut jika ada perintah dari ECU bahwa adanya tidak normal fungsi dari sistem Injeksi maka akan menyala.

Namun tahukah sobat semua, tidak semua informasi yang diberikan itu adalah kerusakan pada komponen utama Injeksi contohnya Injektor, Fuel Pump dan TPS. Karena bisa jadi kerusakan ada pada sistem Sensornya, dan bahkan sensor yang paling sederhana tapi sering kita tidak tahu dan bahkan meremehkannnya karena kita justru melepasnya atau membiarkan tidak berfungsi.

Dari sedikit intro di atas apa yang saya ingin sharingkan adalah komponen kabel speedometer, jika pada sistem non-injeksi kabel speedometer hanya untuk meneruskan putaran roda atau kecepatan kendaraan sehingga ditampilkan di odometer. Namun pada kendaraan dengan menggunakan sistem injeksi informasi kecepatan kendaraan juga di olah dan dikontrol oleh ECU (Electrical Control Unit). Itulah sebabnya jika ada kegagalan informasi kecepatan kendaraan ECU akan memberikan perintah kepada lampu indikator FI menyala.

 

Dampak Membiarkan Kabel Speedometer Putus

Kabel Speedometer Putus Pada Motor Injeksi, ini Yang Akan Terjadi- Capture dari alat scanner Yamaha menunjukkan Kode kerusakan pada Speed Sensor, kondisi tersebut adalah kaitannya dengan terputusnya sinyal dari putaran roda yang akan dikonversikan menjadi kecepatan kendaraan. Apa dampak jika kita membiarkan kabel speedometer putus ? Berikut ini diantaranya;

  1. Membahayakan Keselamatan

    Kabel speedometer hubungannya dengan kecepatan kendaraan, jika kabel speedometer putus maka kita tidak bisa mengukur kecepatan kendaraan kita sendiri. Hal tersebut juga sangat dilarang petugas lalu lintas, saya sendiri pernah ditilang gara-gara speedometer motor saya tidak ada. Hehehehe….

  2. Lampu Indikator Injeksi Selalu Menyala

    Seperti penjelasan dari intro di atas, Speedometer adalah salah satu Sensor Group Injeksi. Jika kabel Speedometer putus maka Speed Sensor tidak berfungsi, yang akan terjadi adalah lampu indikator FI akan selalu menyala. Kondisi tersebut membuat tidak nyaman dan was – was saat kita memakai kendaraan.

  3. Merusak Memori ECU

    Kalau yang ini pasti sobat semua perlu khawatir lagi, ada hubungannya dengan poin ke-2. Sebuah kerusakan pada sistem injeksi sekalipun tidak berdampak langsung ke kinerja mesin tapi kerusakan tersebut akan disimpan di Memori ECU. Jika kerusakan belum diperbaiki maka ECU akan menggantikan fungsi sementara sensor yang rusak. Jika kondisi tersebut berlangsung dalam waktu yang lama tidak mustahil ECU akan mengalami kerusakan karena tingkat stress tinggi.

  4. Jadwal Perawatan Kendaraan Tidak Terukur

    Selain kecepatan kendaraan, speedometer ada juga fungsi Odometer yang bertujuan merekam jarak tempuh kendaran dalam kilometer. Jarak tempuh merupakan nilai patokan jadwal rutin kendaraan, seperti contohnya dalam buku petunjuk servis sepedamotor kita disarankan servis dan ganti oli setiap 3000 km. Jika kita membiarkan kabel speedometer putus maka jarak tempuh tidak berfungsi dan jadwal servis jadi tidak teratur, coba bayangkan jika kita telat ganti oli.

  5. Tenaga Mesin Tersendat (Brembet)


    Ada juga kendaraan yang akan bermasalah tenaga mesinnya jika Speedometer tidak berfungsi, seperti contohnya adalah Yamaha Nmax. Pada rangkaian kerja sistem injeksi Yamaha Nmax speed sensor ada kontribusi terhadap sistem pengapian dan injeksi bahan bakar. Sistem kerjanya jika ECU mendapatkan informasi RPM meningkat sedangkan Speed Sensor tidak memberikan Informasi karena Kabel Putus, maka ECU akan otomatis membatasi Injeksi bahan bakar dan Pengapian atau isitilahnya merubah limiter. Saya pernah mengalami menggeber Nmax yang speed sensornya putus yang terjadi kecepatan 60 km/jam tiba – tiba tenaga langsung ngedrop.

Itulah tadi sedikit penjelasan perlunya kita memperhatikan perawatan kendaraan injeksi kita, bahkan komponen sederhana yang sering kita lupakan dan meremehkannya. Semoga artikel ini bisa memberi sedikit pencerahan, pada artikel selanjutnya saya akan berikan informasi bagaimana menangani Eror Speed Sensor Sepedamotor Injeksi.

Bagikan Tanggapan Anda di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.