Honda CBR1000RR 2017

All New Honda CBR1000RR 2017 dirilis tersedia dua versi

All New Honda CBR1000RR 2017 dirilis tersedia dua versi

Otoclash.com- Selasa (4/10/2016) Honda akhirnya menjawab rasa penasaran para bikers di dunia tentang tagline “Total Control”. Tidak perlu penjelasan yang panjang lebar karena akan dijelaskan melaui produk barunya All New Honda CBR1000RR 2017 yang resmi diperkenalkan pada ajang IMOT 2016. Rasa penasaran dengan Total Control menjadi geleng-geleng dan takjub dengan hanya melihat video pendek dari All New CBR1000RR Fireblade.

[slideshow_deploy id=’1289′]

Bagaimana sob setelah melihat video di atas, bener-bener Sharper Than Ever yah. Honda tidak main-main dengan produk barunya ini, semua yang ada pada CBR1000RR Fireblade akan memberikan pengalaman baru yang tak pernah dirasakan bikers sebelumnya.

Semua sportsbikes 1000cc adalah contoh yang luar biasa dari rekayasa kinerja tinggi. Tapi bagi kita, untuk Fireblade baru kami, kami ingin yang luar biasa untuk menjadi kesenangan menangani dan mengendalikan mesin seperti itu. Tujuan sebenarnya – di mana pun itu ditunggangi – adalah untuk menikmati sesuatu yang tidak biasanya dialami dalam kehidupan sehari-hari, sesuatu yang tidak bisa melampaui, “kata Mr Sato-san, pemimpin proyek besar untuk Fireblade.

Improvement Total Control
Improvement Total Control

Perubahan besar yang utama pada CBR1000RR ada pada Power To Weight Ratio (PWR)nya, dengan fokus pada manuver, akselerasi dan pengereman. Hasilnya adalah spesifikasi menakjubkan yang mengisyaratkan Fireblade akan menjadi penguasa Superbike pada tahun 2017. Honda menyebutnya ‘Next Total Control’.

Berat turun 8 kg, 14% lebih ringan dari produk sebelumnya dan akibatnya power lebih besar 11 HP

Beberapa part yang berkontribusi pada penurunan berat adalah tangki dan knalpotnya yang sudah menggunakan bahan Titanium.

Baca juga Baru: Trail Honda CRF250RLH sebentar lagi siap mengaspal

Revolusi Total

ECU juga mengalami pembaharuan dengan fitur barunya yakni Intertial Measurement Unit (IMU). ECU tersebut akan menjadi pusat 6 controler beberapa diantaranya adalah Kontrol traksi (Traction Control), Slide Control, Wheelie-control (anti-while) dan Suspensi semi aktif (Smart Electric Controler) dari Ohlins.

Seperti RC213V-S, pada bagian speedo CBR1000RR juga menggunakan full-colour TFT liquid crystal yang secara otomatis menyesuaikan dengan cahaya sekitar dan fitur tiga mode tampilan; Street, Circuit dan Mechanic – sehingga sobat lebih mudah melihat tampilan pada speedonya.

Tampilan depan CBR1000RR
Tampilan depan CBR1000RR

Selain beberapa fitur di atas, Honda juga menyematkan fitur menarik lainnya yaitu; Throttle by Wire dan LED Headlight dengan desain barunya yang lebih Sharp.

Dua Versi CBR1000RR

Berdasarkan ucapan sang kreator proyek Fireblade Mr. Sato Honda tidak main-main dengan produk barunya ini, CBR1000RR Fireblade dirilis dengan dua varian yakni SP1 dan SP2. Bedanya kalau SP1 untuk Maspro dan SP2 untuk kompetisi. Honda memang berambisi ingin meraih kejayaan di ajang WSBK, harapannya ada pada Nicky Hayden yang akan menunggangi CBR1000RR SP2. Perbedaan yang menonjol adalah berat SP2 2kg lebih ringan dibandingkan dengan SP2.

Itulah sedikit tentang BigBike terbaru dari Honda yang resmi diperkenalkan pada IMOT 2016 di Jerman, semoga bermanfaat bagi sobat semua.