Tarikan Mio M3 lebih responsif rubahan standart modal cuman 71ribu

Tarikan Mio M3 lebih responsif

Tarikan Mio M3 lebih responsif rubahan standart modal cuman 71ribu

Otoclash.com- Halo semua, apa kabarnya ? Semoga senantiasa dalam kondisi sehat wal’afiat ya sob. Kali ini otoclash ingin berbagi informasi dari temen mimin yang sukses membuat tarikan Mio M3 lebih responsif rubahan standart modal cuman 71ribu. Kira-kira apa saja rubahannya, diminum dulu kopinya sob biar tetep fokus.

Sebelum kita masuk ke pokok rubahannya kita perlu ketahui dahulu sepesifikasi Mio M3 125 Blue Core dari Yamaha ini. Berikut sedikit detailnya;

  • Kapasitas mesin 125 CC
  • Sistem bahan bakar Fuel Injection
  • Teknologi BLUE CORE (Effisien, Bertenaga dan Handal)
  • Tipe Piston menggunakan Forged Piston
  • Tipe Cylinder menggunakan DiASil Cylinder
  • Sistem pengapian TCI
  • Sistem penggerak CVT
  • Berat roller weight 12 gram 6pcs

Di atas hanya sekilas sepesikasi yang ada di Mio M3 125 Blue Core sob, lebih jelasnya baca di katalog produk Yamaha di sini : E-Catalogue Yamaha.

Mulai kita masuk ke topic utamanya, berawal dari temen mimin yang merasa tarikan Mio M3 nya kurang greget padahal sudah 125 cc, kasak kusuk dan bersemedi cari pencerahan akhirnya dapat inspirasi dengan modal murah, tidak ekstrim rubahannya tapi besar pengaruhnya di performa mesin.

Ini dia sob yang pertama, Mio M3 punya roller weight lumayan berat ukurannya yaitu 12 gram, sepesifikasi ini ada alasannya sob, kapasitas 125 cc cukup besar perlu diimbangi balancing dari penggerak akhirnya, agar nafas mesin lebih panjang. Inilah yang coba dimanfaatkan oleh temen mimin, dengan merubah roller weight milik Mio M3 12 gram menjadi 10 gram sob, sobat bisa pakai punya Yamaha Xeon atau Yamaha All New Soul GT. Untuk harganya tidak mahal sob, Rp. 8000/1pcs karena kita butuh 6 jadi total Rp. 48000.

Roller Mio M3 Pakai punya Xeon
Roller Mio M3 Pakai punya Xeon

Yang kedua, masih di bagian CVT sob, karena kita sudah merubah roller wight lebih ringan dengan hasil akselarasi akan lebih cepat, makanya kita perlu mengimbanginya dengan mengganti Pegas Pully ke-2 atau bahasa teknisnya Secondary Sleeve Spring, kalo masih bingung lihat saja di gambar sob. Kali ini pegas standar bawaan diganti punya Xeon karburator sob, harganya juga cuman Rp. 23000.

Pegas ganti punya Xeon
Pegas ganti punya Xeon

Uji coba hasilnya

Performa

Dari hasil rubahan di atas, mesin Mio M3 temen mimin jadi lebih agresif sob, saat saya sendiri mencobanya kecepatan 0 km/h ke 80km/h terasa sangat cepat sob, responsif abis sob. 😀 😀 😀

Ada satu hal yang berbeda yang saya rasakan sob setelah rubahan ini, lampu ECO indikator di spedometernya jadi cepet nyalanya dan matinya juga lebih awal, jika biasanya ECO akan menyala antara 20 km/h sampai 70 km/h setelah rubahan ini jai antara 10 km/h sampai 50 km/h.

Penggunaan bahan bakar

Mimin dan temen sempat mencoba menggunakan 2 tipe bahan bakar saat uji coba, yang pertama saat menggunakan Pertamax hasilnya kurang memuaskan sob, namun saat menggunakan pertalite lebih kelihatan hasilnya sob.

Saat mencoba mengukur konsumsi bahan bakarnya dengan metode full to empty alias kita isi full tangki bahan bakar Mio M3 dari posisi habis, kita pakai jalan sampai bahan bakar habis hasilnya bisa tembus 231 km sob.

Biaya

Seperti yang sudah mimin sampaikan di awal sob, biaya untuk rubahan ini gak mahal sob. Sobat cuman mengeluarkan Rp. 71.000 itu diluar biaya penggantian, baru harga Sparepartnya. Kalo sobat gak percaya sobat bisa cek gambar yang saya lampirkan atau sobat bisa cek di sini: Part Catalogue Yamaha.

screenshot_yamahamotor-partscatalogue
screenshot_yamahamotor-partscatalogue

Sekian dulu ya sob, semoga bermanfaat bagi sobat semua sedikit sharing dari kami ini, selamat beraktifitas.

One Comment on “Tarikan Mio M3 lebih responsif rubahan standart modal cuman 71ribu”

Bagikan Tanggapan Anda di Sini