Pengertian baterai VRLA dan jenisnya

Pengertian baterai VRLA dan jenisnya

Pengertian baterai VRLA dan jenisnya

Otoclash.com– Kali ini kami hadir untuk menyuguhkan informasi tentang pengertian baterai VRLA dan jenisnya. Buat sobat semua yang mungkin lagi cari – cari baterai buat motornya dan ketemu istilah aneh ini, hehehehe. Tak perlu khawatir berikut ini sedikit dari kami pembahasan dari baterai VRLA.

VRLA kepanjangan dari Valve Regulated Lead Acid yang sering juga disebut SLA (Sealed Lead Acid), kalo orang Indonesia sering bilang Aki/Baterai Kering/tertutup, hahahaha jangan puas dulu karena sudah tahu VRLA itu ya Aki/Bateri Kering, karena masih banyak pengetahuan yang perlu kita tahu dari Baterai VRLA ini.

Baca juga Keunggulan Baterai VRLA dibandingkan Baterai Basah

Dari namanya saja kita pasti akan tahu bahwa baterai tipe ini bersifat tertutup, sehingga penguapan/evaporasi yang dikeluarkan sangat kecil, makanya baterai ini tidak memerlukan penambahan cairan electrolyte selama masa pemakaian masih ok. Proses penguapan/evaporasi pada baterai diatur salah satu komponen pada baterai yang bernama Valve/Katup.

Golongan baterai VRLA berdasarkan teknologinya ada dua guys, yakni AGM dan GEL. Apa bedanya yuk mari kita bahas bersama;

  • AGM (Absorptive Glass Mate)
    • Cairan electrolyte terserap oleh lembaran separator fiber glass kalo dibahasakan Indonesia Serat Kaca.
    • Pada Depth of Discharge (DoD) 30% baterai cycle life mencapai 1400 cycle.
  • GEL
    • Cairan electrolyte berbentuk gel yang bersifat lebih solid dan kaku.
    • Pada Depth of Discharge (DoD) 30% baterai cycle life mencapai 2000 cycle.

Sekarang kita jadi tambah tahu mengenai Aki Kering sebenarnya, semoga artikel ini bermanfaat dan kami senantiasa menerima komentar dari sobat semua.

Bagikan Tanggapan Anda di Sini