Fitur baru Yamaha SSS seperti ISS pada Honda

Fitur baru Yamaha SSS seperti ISS pada Honda

Otoclash.com– Tak lama setelah Honda merilis produk barunya yaitu Honda Beat dengan fitur mirip Yamaha yaitu ECO INDICATOR, baru – baru ini Yamaha Vietnam merilis Scooter yang bernama Janus dengan fitur yang sudah diperkenalkan lama oleh Honda yakni ISS (Idling Stop System). Saling tukar fitur dan technology nampaknya menjadi strategi yang tujuannya saling berlomba mendapatkan hati konsumen. Lalu apakah fitur baru Yamaha SSS (Stop & Start System) sama persis dengan ISS pada Honda ? baca selengkapnya…

Switch Kontrol On dan Off SSS
Switch Kontrol On dan Off SSS

Jika melihat dari review produk Yamaha Janus di Vietnam, kita bisa lihat fitur SSS ini hanya ada pada tipe Deluxe dan Premium, dari kedua tipe Janus tersebut pasti ada tambahan Saklar on dan off di bagian kanan. Saklar tersebut adalah kontrol dari SSS, bagaimana kita mau aktifkan maupun menon-aktifkan fitur SSS.

Baca juga Kupas kecanggihan Advance Key System Yamaha aka Immobilizer

SSS kepanjangan dari STOP & START SYSTEM, dari namanya kita bisa dipahami bahwa sistem ini bisa mematikan dan menghidupkan mesin kendaraan secara otomatis bedasarkan informasi dari Sensor-sensor dan Perintah dari ECU kepada Actuator pada sistem Injeksi.

SSS (Stop & Start System) akan secara otomatis mematikan mesin pada saat kendaraan berhenti lebih dari 5 detik, dan akan menyalakan mesin secara otomatis saat Throttle gas dibuka. Fitur ini sebenarnya lebih efektif pada kondisi jalanan macet dan banyak lampu merah.

Blue Core
Blue Core

Dengan fitur SSS (Stop & Start System) dikombinasikan Teknologi BLUE CORE, Yamaha mengclaim konsumsi bahan bakar dapat dibuat lebih efisien.

Menarik melihat persaingan kedepannya karena Yamaha sudah mulai bermain di fitur, kira – kira kapan ya teknologi ini masuk ke Indonesia, kita tunggu saja dab.. Bagaimana menurut sobat semua monggo komentarnya.